pemula

Bermain Saham Bagi Pemula

Investasi saham atau bermain saham menjadi salah satu hal lumrah yang saat ini banyak digemari berbagai kalangan termasuk anak-anak muda. Bukan tanpa sebab, karena “Saham” ini disebut sebagai salah satu investasi jangka panjang dengan keuntungan besar yang menggiurkan.

Maka tak heran, bila saat ini banyak anak muda yang tertarik terjun ke dunia investasi saham. Apakah kalian salah satu orang yang tertarik bermain saham? Jika iya, maka banyak hal yang harus kalian perhatikan sebelum terjun ke dunia saham tersebut.

Sebab tidak sedikit pemula yang bermain saham secara terburu-buru karena menginginkan keuntungan besar, namun mereka kurang berhati-hati. Padahal uang yang digelontorkan untuk investasi saham sudah cukup banyak. Inilah salah satu hal yang bisa membuat kalian rugi saat berinvestasi.

8 Tips Bermain Saham Untuk Pemula yang Wajib Kalian Coba

Untuk meminimalisir kegagalan dalam investasi saham ini banyak hal yang perlu kalian persiapkan dengan baik. Maka, sebelum memutuskan bermain saham simak terlebih dulu tips-tipsnya di bawah ini:

Mempelajari Investasi Saham Untuk Pemula

Seorang investor pemula wajib mempelajari terlebih dulu apa itu investasi saham sebelum memutuskan terjun ke dalamnya. Karena investasi saham bukan hanya soal menghasilkan keuntungan yang besar namun resikonya bisa sama besar.

Hal ini merupakan pengetahuan dasar mengenai investasi saham yang penting kalian ketahui. Dalam investasi saham ini diperlukan strategi yang tepat, kesabaran, serta wawasan yang luas. Supaya kalian bisa mendapatkan keuntungan yang sesuai harapan.

Oleh sebab itu, carilah informasi mengenai investasi saham bagi pemula dari berbagai sumber yang terpercaya. Bila perlu, bertanyalah kepada mereka yang telah lebih dulu berkecimpung dalam investasi saham. Semakin banyak wawasan maka bisa semakin baik untuk menjalani investasi saham di kemudian hari.

Mencari Informasi yang Valid

Setelah mempelajari investasi saham dengan baik, kalian bisa mencoba tips selanjutnya yang tak kalah penting. Mencari informasi secara valid mengenai investasi saham bisa kalian lakukan secara offline maupun online.

Pilih saja situasi yang memungkinkan untuk kalian lakukan. Jangan hanya mengandalkan info kata orang atau “katanya” saja atau kabar-kabar angin yang beredar. Sebab itulah kalian perlu mencari informasi yang valid.

Jika mencari informasi valid secara online, laukan dengan mengakses berbagai situs-situs resmi seperti situs milik Bursa Efek Indonesia atau IDX. Di IDX pun terdapat kelas saham online yang menarik untuk dicoba dan kalian bisa mengikutinya secara gratis.

Menggunakan Modal Dengan Bijak

Salah satu sebab yang membuat investasi saham pemula banyak digemari yaitu kalian bisa berinvestasi dengan modal sangat kecil sekalipun. Bahkan dengan modal Rp. 100.000 saja kalian sudah bisa berinvestasi. Karena tidak sedikit saham yang bernilai sangat murah per lembarnya lalu dijual dalam satuan lot.

Tetapi keuntungan yang bisa diperoleh biasanya akan berbanding lurus dengan modal yang telah dikeluarkan sebelumnya. Sebab itulah kalian bisa mengeluarkan modal dengan bijak sesuai kebutuhan. Kalian bisa melakukan investasi yang sesuai kemampuan.

Karena itu apabila kalian tidak memiliki modal besar, tidak perlu memaksakan untuk menggelontorkan dana tanpa perhitungan yang tepat. Lakukan perhitungan terlebih dulu sebelum mengeluarkan modal.

Membeli Saham Saat Harganya Rendah

Strategi yang tepat dalam investasi saham ini adalah dengan mengincar saham saat harga saham tersebut turun. Namun bukan berarti membeli saham tanpa dipikir panjang, sebab harga saham yang turun pun bisa menjadi tanda kurang baik.

Oleh sebab itu, buatlah lebih dari satu strategi yang tepat dan akurat guna menjadi pertimbangan kalian. Perhatikan Perusahaan dan prediksilah jika akan terjadi peningkatan harga saham di kemudian hari. Memang rumit maka kalian harus berhati-hati.

Membeli Saham Di Perusahaan Berbeda

Tips selanjutnya dalam investasi saham untuk pemula ini adalah dengan cara membeli saham di perusahaan berbeda. Hal ini bisa dicoba sebagai langkah untuk meminimalisir resiko kegagalan di masa mendatang.

Kalian bisa melakukan investasi saham di beberapa perusahaan yang berbeda. Jika modal yang kalian miliki cukup banyak, belilah saham di tiga perusahaan yang berbeda sudah lebih dari cukup. Pilihlah perusahaan yang menurut kalian memiliki fundamental yang stabil.

Memilih Perusahaan dengan Fundamental Stabil

Selanjutnya adalah tips yang tak kalah penting untuk kalian ketahui, yakni dengan memilih perusahaan dengan fundamental stabil. Seperti yang telah dibahas pada tips sebelumnya, di sini kalian bisa melakukan riset ataupun membaca serba-serbi dari perusahaan yang kalian incar terlebih dulu.

Sehingga kalian tidak perlu ragu untuk mengambil lebih banyak waktu, untuk bisa memilah-milih setiap perusahaan yang kalian incar tadi. Perusahaan dengan fundamental keuangan yang stabil bisa memberikan manfaat dan bisa meminimalisir kerugian dalam investasi yang kalian pilih.

Memilih Saham yang Terdaftar Di Indeks IDX30 Atau LQ45

Sebagai investor pemula yang melakukan investasi saham, kalian tentu tidak ingin pusing-pusing dalam mencari saham yang aman untuk dibeli bukan? Namun bagi seorang investor pemula, bukan tak mungkin jika kalian bisa membeli saham di perusahaan yang memiliki track record baik dengan likuiditas tinggi pada Bursa Efek Indonesia (BEI).

Caranya pun mudah, kalian bisa memilih saham yang tergabung di dalam indeks IDX30 atau juga LQ45. Di sana sahamnya sudah terjamin aman dan juga memiliki reputasi baik. Kalian bisa mengincar perusahaan perbankan atau perusahaan industri barang konsumsi.

Selain itu, kalian bisa membeli saham dari bank ataupun industri consumer goods. Secara umum perusahaan yang bergerak dalam dua bidang tadi memiliki usaha yang selalu menjadi kebutuhan masyarakat. Hal inilah yang bisa menghasilkan pendapatannya stabil hingga meningkat setiap tahunnya.

Alhasil, nilai saham yang kalian tanam di perusahaan tadi akan aman. Kalaupun saham di sana secara tiba-tiba menurun, perusahaan tersebut akan bisa bangkit dan kembali menghasilkan laba yang sama seperti sebelumnya.

Memilih Investasi Jangka Panjang

Supaya kalian bisa mendapatkan keuntungan yang besar secara berlanjut, maka bersabar dan telitilah dalam melakukan investasi saham ini. Jangan terburu-buru untuk meraih keuntungan. Lebih baik tunggulah uang yang diinvestasikan ‘bertumbuh’ di perusahaan yang tepat.

Sehingga 10 sampai 20 tahun mendatang, uang tersebut bisa memberikan keuntungan yang nyata. Alhasil  kalian bisa menikmati hasil investasi saham tersebut dan menggunakannya untuk kebutuhan di masa depan. Inilah yang membuat investasi saham jangka panjang penting untuk kalian pertimbangkan.

Mengawali Investasi Saham dengan Baik dan Tepat

Itulah tadi beberapa tips bermain saham untuk pemula, yang bisa kalian coba sekarang juga. Tentunya investasi saham yang baik diawali dengan strategi yang tepat. Sehingga hasilnya pun sesuai harapan dan kalian bisa terhindar dari resiko kegagalan di kemudian hari. Semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat untuk kalian. Selamat mencoba dan semoga kalian berhasil dalam investasi saham tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.