efek

Seluk Beluk Bursa Efek Indonesia

Seluk Beluk Bursa Efek Indonesia – Bursa Efek Indonesia atau kita kenal IDX, merupakan bagian tak terpisahkan dari kegiatan berinvestasi saham di Indonesia. Hingga kini, di Indonesia sudah ada lebih dari 1 juta investor di pasar modal. Tapi tahukah Anda mengenai Bursa Efek Indonesia? Juga apa itu Efek, Bursa Efek dan Perusahaan Efek? Nah, jika belum, mari kita bahas sekilas mengenai Bursa Efek, Bursa Efek Indonesia dan Sejarahnya.

Mengenal Bursa Efek Indonesia, Efek, dan Perusahaan Efek

Kita sering mendengar istilah Bursa untuk perdagangan saham. Istilah Bursa sendiri memiliki pengertian yang sama dengan kata Pasar, di mana merupakan tempat untuk memperjualbelikan barang. Kata pasar, lazim kita gunakan untuk pasar tradisional dan pasar konvensional yang melibatkan produk secara fisik. Perbedaannya, kata bursa justru kita gunakan untuk tempat jual beli sebuah produk yang tidak melibatkan fisik, Saham dan Obligasi contohnya.

Baca Juga : Situs Prediksi Angka Togel

Saham dan Obligasi dapat tergolong sebagai Efek, karenanya tempat untuk memperdagangkan saham kita kenal sebagai Bursa Efek. Tentunya bila Anda sudah berinvestasi saham, Anda tidak akan asing dengan istilah “Bursa Efek”.

Bursa Efek Adalah

Pengertian Bursa Efek telah didefinisikan dalam Undang-undang No. 8 tahun 1995, tentang pasar modal. Inilah definisi Bursa Efek:

    Bursa Efek adalah Pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan atau sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli Efek pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangkan Efek di antara mereka.

Singkatnya, bursa efek Indonesia adalah tempat yang mempertemukan pembeli dan penjual, dan barang yang diperdagangkan adalah efek. Apa itu Efek?

Efek Adalah

Efek juga dijelaskan di dalam Undang-undang No. 8 tahun 1995, tentang pasar modal. Definisi Efek menurut UU tersebut adalah:

    Efek adalah surat berharga, yaitu surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti utang, Unit Penyertaan kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas Efek, dan setiap derivatif dari Efek.

Singkatnya Efek merupakan surat berharga yang dapat dijadikan investasi. Hal ini karena sifat dari instrumen efek yang merupakan penyetoran modal, investor tentunya mengharapkan return dari modal yang disetorkan tersebut.

Pemegang saham dari Bursa Efek Indonesia terdiri atas perusahaan efek yang telah memperoleh izin usaha sebagai Perantara Pedagang Efek (PPE). Siapa itu Perusahaan Efek?

Perusahaan Efek Adalah

Perusahaan efek adalah pihak yang menyelenggarakan kegiatan sebagai:

    Penjamin Emisi Efek/PEE (Underwriter), yaitu pihak yang membantu perusahaan yang ingin melakukan penerbitan efek.

    Perantara Pedagang Efek/PPE (Broker/Dealer), yaitu pihak yang membantu investor berinvestasi di instrumen efek seperti saham.

    Manajer Investasi/MI (Fund Manager), yaitu pihak yang mengelola dana dari investor untuk kemudian dikelola dalam sebuah portofolio efek.

Perusahaan efek yang dapat melakukan kegiatan jual beli efek haruslah tercatat sebagaiAnggota Bursa Efek, yaitu Perantara Pedagang Efek (PPE) yang telah memperoleh izin usaha dari OJK dan mempunyai hak untuk mempergunakan sistem dan atau sarana Bursa Efek sesuai dengan peraturan Bursa Efek.

Nah, dari pengertian Efek, Bursa Efek, dan Perusahaan Efek di atas, maka Bursa Efek dapat kita umpamakan sebagai berikut:

    Mall: Bursa Efek Indonesia.

    Toko: Anggota Bursa (Sekuritas/Perusahaan Efek)

    Barang: Saham/Emiten (Perusahaan Tbk)

    Pembeli: Investor

Itulah pengertian dasar dari Efek, Bursa Efek dan Perusahaan Efek. Selanjutnya mari kita bahas mengenai Bursa Efek Indonesia.

Mengenal Bursa Efek Indonesia / IDX

Setiap negara tentunya memiliki bursa efeknya masing-masing. Di Indonesia sendir, kita memiliki Bursa Efek Indonesia (BEI) atau juga dikenal dengan sebutan IDX (Indonesia Stock Exchange).

Siapa itu Bursa Efek Indonesia?

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah lembaga pemerintah yang berperan sebagai penyelenggara bursa. Artinya, Bursa Efek Indonesia bertugas untuk memfasilitasi perdagangan efek di Indonesia. Bursa Efek Indonesia berpusat di Gedung Bursa Efek Indonesia, Kawasan Niaga Sudirman, Jalan Jenderal Sudirman 52-53, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Anda juga dapat mengunjungi website BEI di www.idx.co.id

Baca Juga : Prediksirembulan.com

Bursa Efek Indonesia selaku Pasar Modal di Indonesia merupakan bursa resmi di Indonesia, sehingga bagi para perusahaan yang ingin go public di Indonesia harus melalui BEI. Bursa Efek Indonesia pun harus mengontrol agar proses transaksi efek yang terjadi berjalan dengan adil dan efisien. Ada pun peran dari BEI antara lain:

    Sebagai Fasilitator Perdagangan Efek, Hal ini termasuk

        Menyediakan semua sarana perdagangan efek (fasilitator).

        Membuat peraturan yang berkaitan dengan kegiatan.

        Melakukan pencatatan terhadap semua instrumen efek.

        Mengupayakan likuiditas instrumen investasi efek.

        Menyebarluaskan informasi (transparansi).

    Sebagai Otoritas yang Mengontrol jalannya transaksi, Hal ini termasuk:

        Melakukan pemantauan kegiatan transaksi efek.

        Mencegah praktik manipulasi harga yang tidak wajar, yang dilarang oleh Undang-undang. (Termasuk Insider Trading, dll).

        Melakukan pembekuan perdagangan/suspend untuk emiten saham yang melanggar ketentuan efek Indonesia.

        Melakukan pencabutan atas efe /delisting, sesuai aturan yang berlaku.

Dengan adanya BEI sebagai penyelenggara bursa, menjadi salah satu alasan berinvestasi saham di Indonesia adalah instrumen yang aman. Hal ini karena BEI memiliki kewenangan terhadap para anggota bursa dan emiten yang tercatat.

Anggota Bursa Efek Indonesia (Sekuritas)

Saat ini, sudah ada sejumlah 108 perusahaan efek/sekuritas yang tercatat di BEI sebagai anggota bursa. Perusahaan efek ini bermacam-macam, ada yang berfungsi baik sebagai perantara pedagang efek (PPE), penjamin emisi efek (PEE), maupun manajer investasi (MI).

Mengenal Pasar Saham Amerika Serikat

Tertarik untuk berinvestasi di pasar saham Amerika? Sebelum melangkah lebih jauh, kenalan dulu yuk dengan serba-serbi pasar saham Amerika.

Tahukah #SobatCuan kalau AS memiliki ekonomi terbesar di dunia? Hal ini dapat dilihat dari GDP  (Produk Domestik Bruto) yang akan ditampilkan di bawah ini. Selain itu, Dolar AS juga merupakan mata uang cadangan dunia dan merupakan mata uang paling berpengaruh di dunia. Pasar saham AS menyumbang 54% dari total nilai dunia (berdasarkan basis investasi bebas mengambang), yang tujuh kali lebih besar dari Jepang, saingan terdekatnya.

Pasar keuangan AS sejauh ini merupakan yang pasar yang terdokumentasi terbaik di dunia. Hingga baru-baru ini, sebagian besar bukti jangka panjang yang dikutip tentang kinerja investasi historis hampir seluruhnya berasal dari pengalaman berinvestasi di AS.

Leave a Reply

Your email address will not be published.